16 Dec 2019

KASIAT TERAPI BEKAM TUNJANG KINERJA PRIMA

KASIAT TERAPI BEKAM TUNJANG KINERJA PRIMA

Jasamarga Tollroad Operator

Bekam atau dalam bahasa arab al-hijamah adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya (wikipedia.com)

Selain untuk menyembuhkan penyakit metode bekam juga dapat menghilangkan rasa lelah, meregangkan otot yang tegang, serta membuat tubuh lebih relax akibat rutinitas bekerja. Dalam pandangan islam keutamaan dan maanfaat bekam adalah meringankan otot yang kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang di bekam. Berbekam diyakini pula menjadi penetral ketegangan emosi seseorang, kemudian perintah berbekam sendiri menurut kisah dari Abdullah bin Mas'ud adalah anjuran dari para malaikat ketika Muhammad sedang Mi'raj ke Sidrat al-Muntaha.

Sementara menurut pandangan medis yang dikutip dari "hallosehat.com" bekam terdiri dsri 2 jenis yakni.

Bekam kering

Menurut Ann Michele Casco, L.AC., seorang praktisi pengobatan tradisional Cina sekaligus ahli akupuntur, teknik bekam klasik disebut ba guan zi, yaitu bekam api atau bekam kering.

Secara umum, baik bekam kering maupun basah dilakukan menggunakan cawan kecil yang ditempatkan di atas titik ashi (daerah yang bermasalah) atau titik akupunktur. Sebelumnya diletakkan di permukaan kulit, cawan akan dipanaskan terlebih dahulu. Proses pemanasan ini dilakukan dengan memasukkan zat yang mudah terbakar, seperti alkohol, ramuan herbal, atau kertas tertentu ke dalam cawan dan kemudian membakarnya dengan api. 

Ketika api mulai mengecil dan akhirnya mati, terapis akan langsung menempel cawan secara terbalik di atas permukaan kulit. Cawan akan dibiarkan menempel di permukaan kulit selama dua hingga menit.

Nantinya, udara di dalam cawan yang berangsur-angsur mendingin akan menciptakan ruang hampa yang menarik kulit dan otot ke atas, ke dalam cawan. Kulit yang tersedot ini akan memerah karena pembuluh darah Anda merespon perubahan tekanan.

Supaya cawan bisa dengan mudah terlepas, terapis biasanya akan mengoleskan minyak pijat atau krim. Setelah itu, terapis akan menempelkan cawan silikon dan menggesernya ke seluruh tubuh secara berrirama untuk menciptakan efek seperti pijatan.

Selama pengobatan berlangsung, terapis mungkin akan meletakkan tiga sampai tujuh cawan di atas permukaan kulit Anda.

Bekam basah

Variasi bekam yang lebih modern menggunakan pompa karet. Beberapa penelitian klinis dari Cina menunjukkan bahwa inovasi dalam teknologi bekam satu ini dinilai lebih nyaman untuk pasien.

Bekam basah dilakukan dengan menusuk atau membuat sayatan kecil pada kulit bekas bekam. Setelah itu, cawan kembali ditempatkan di atas permukaan kulit yang ditusuk atau disayat tersebut untuk mengeluarkan sejumlah darah. Darah yang keluar nantinya akan ditampung dalam cangkir cawan. Konon katanya, darah yang keluar dari tusukan selama prosedur ini, dianggap sebagai darah kotor.

Setelah cawan dilepas, terapis biasanya akan memberikan salep antibiotik dan menutupi daerah bekas bekam dengan perban. Hal ini dilakukan untuk mencegah infeksi.

Entah itu bekam kering maupun basah, keduanya sama-sama akan menimbulkan memar berwarna kemerahan atau keunguan di kulit. Memar ini bersifat sementara dan umumnya akan hilang dalam kurun waktu 10 hari setelah terap

Bagi kita pekerja yang memiliki aktifitas 8 jam lebih untuk bekerja maka bekam sangatlah dianjurkan. Namun dalam melakukan bekam juga harus dengan waktu yang tepat yakni.

 

1. Bekam dilakukan 1 kali dalam satu bulan, hal ini bertujuan agar tidak merusak struktur jaringan bawah kulit.

2. Siklus jam rentang ± 3 jam sesudah makan

3. Siklus harian: antara jam 8.00–10.00 atau jam 13.00–15.00,

4. Siklus bulanan anjuran islam : tanggal 17, 19, 21 dari bulan Qomariyah

 

Terlebih bagi yang memiliki penyakit hypertensi, kolesterol, asam urat, diabetes dan penyakit lain yang bisa terdeteksi lewat darah sebaiknya rutin dalam melakukan terapi bekam agar kita selalu sehat dan bugar. Kebaikan bekam akan memberi kita fisik yang prima guna menunjang kinerja kita untuk berkarya dan berdedikasi tinggi dalam bekerja.(Mung/Solo)...

  • Tag :

© PT Jasamarga Tollroad Operator.