08 May 2017

ALAT PELINDUNG DIRI DALAM K3 DAN MANFAATNYA

Dalam keadaan gerbang yang pembangunannya belum maksimal, khusunya teman-teman yang bertugas di ruas Janger yang dibantu dari ruas CTC dan JORR, pastinya ada beberapa yang harus diperhatikan.

Terutama kelengkapan atau peralatan saat melakukan aktivitas bekerja, yang disesuaikan dengan potensi risiko bahaya dalam kaitannya untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja baik pada pekerja itu sendiri maupun orang disekitarnya. Beberapa alat pelindung diri yang dimaksud :
1. Sepatu Boots
Saat Hujan, kondisi di gerbang kadang banyak genangan air. Oleh sebab itu sepatu Boot sangat di perlukan dilapangan.

2. Sarung Tangan
a. Biasanya jika kita sedang melakukan transaksi, ada beberapa uang dari pemakai jalan yang kotor. Jadi dengan pemakaian sarung tangan, kotoran tidak langsung mengenai kulit tangan kita.

b. Saat tangan kita memecahkan koin yang terlalu banyak, tangan bisa kotor dan berwarna hitam. Nah, penggunaaan sarung tangan juga bermanfaat untuk menghindari hal tersebut. Dan masih banyak hal lainnya manfaat dari sarung tangan.

3. Masker
Masker dapat berfungsi sebagai pelindung hidung dan penyaring udara yang dihirup saat bekerja. Apalagi kita yang bekerja di tempat udara yang berdebu. Masker harus selalu dipakai.

4. Ear plug
Disebagian Gerbang tol, pasti banyak mobil-mobil Golongan besar lewat. Guna melindungi telinga dari sumber suara yang cukup tinggi, maka diperlukan penutup telinga. Hal ini dimaksudkan karena telinga tidak mampu menahan suara dalam intensitas yang tinggi.

5. Topi
Untuk terhindar dari sinar matahari, Topi juga bisa di gunakan. Contohnya saat Pkul Tol melakukan PUTTRA di lapangan.

Secara garis besar, penggunaan APD ini tidak dapat melindungi tubuh secara sempurna, akan tetapi penggunaan APD ini lebih ditujukan kepada tindakan preventif terjadinya kecelakaan kerja dan dapat meminimalisasi keluhan atau penyakit, jadi kita yang dilapangan harus selalu menggunakan APD yang lengkap dan yang sudah disiapkan oleh perusahaan. (Titik Mulyaningsih - Janger) bans.
  • Tag :
  • JMTO
  • Berita

© PT Jasamarga Tollroad Operator.