26 Dec 2019

TETAP TENANG KUNCI PADAMKAN KEBAKARAN

TETAP TENANG KUNCI PADAMKAN KEBAKARAN

Jasa Marga Tollroad Operator

Jasa Marga Solo Ngawi bersama Jasa Marga Tollroad Operator Solo Ngawi melaksanakan pelatihan Pemadaman Kebakaran bersama dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Boyolali di aula lantai tiga Plaza Tol Ngemplak yang dilakukan selama 2 hari yakni 17 dan 18 Desember 2019.


Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi oleh Bapak Muslim Selaku Petugas Pemadam Kebakaran. Dimulai dari pemaparan terjadinya api akibat 3 unsur kimia yang saling berekasi, langkah awal ketika menemui kebakaran ringan seprti kompor meledak, hingga cara penggunaan dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan(APAR).


Usai pemaparan rekan - rekan langsung diajak melajukan praktek lapangan dengan beberapa simulasi mulai dari api dalam tong hingga api yang berkobar besar menjalar lantai. Cara pemadaman juga memliki beberapa tahapan dan jenis salah satu yang menarik adalah pemadaman menggunakan cara tradisional namun dengan skala api yang besar. Menggunakan karung goni yang dibasahi air secara estafet rekan - rekan memadamkan api yang ada dilantai hingga seluruhnya padam.


Tahap kedua yakni tata cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dimana jarak tubuh dan APAR adalah satu lengan hal ini guna antisipasi pin pada segel bisa telepas dan mengenai tubuh kita. Dalam melakukan pemadaman menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) tidak boleh tergesa - gesa dan pangsung ke titik api namun harus dilakukan penyisiran perlahan hingga menuju titik api.


Sebagai info kegiatan ini juga diikuti oleh security, office boy, petugas customer service, staff, dan SPV Customer Service. Dengan pelatihan ini diharapakan rekan - rekan dapat mentransfer ilmu ke rekan - rekan yang lain agar selalu siap dan tanggap apabila terjadi kebakaran dilingkungan kerja maupun rumah. (Mung/Songa)...

  • Tag :

© PT Jasamarga Tollroad Operator.