28 Nov 2019

MANFAAT AIR PUTIH

MANFAAT AIR PUTIH


 

Jasamarga Tollroad Operator


 

Setiap fungsi, semua sel dan organ dalam tubuh manusia memerlukan air. Air yang sehat bagi tubuh adalah air putih. Itu alasannya mengapa manfaat air putih sangat penting. Berikut beberapa manfaat air putih yang baik bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut :


 

1. Meningkatkan kinerja daya otak dan menyediakan energi

Salah satu manfaat air putih yang sangat penting bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kekuatan otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat pada otak.

Manfaat air putih bagi otak akan membuatmu lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga taau waspada. Hal tersebut juga akan mempengaruhi tingkat energi pada seluruh tubuh kamu. Manfaat air putih menyediakan energi sehingga kamu tidak akan merasakan dehidrasi. Kekurangan air putih bisa membuat otakmu dehidrasi.


 

2. Membantu mengeluarkan toksin dalam tubuh

Kamu yang mengonsumsi makanan dan minuman tentu akan menghasilkan ampas atau toksin dalam tubuh. Manfaat air putih disini akan membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut.

Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut dari tubuh kamu serta membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat. Tak hanya keringat, manfaat air putih juga membantu mempelancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.


 

3. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesegaran kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan.

Kulit manusia termasuk alam organ tubuh. Sehingga penting untuk menjaganya. Berdasarkan UW Health, jika kekurangan mengonsumsi air putih maka kulit akan tampak kering, tidak kencang dan bersisik yang berakibat berkerut.


 

4. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalah membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebi kuat.


 

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih.


 

5. Mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood dan meredakan sakit kepala

Rasa lelah dan lesu pada tubuh ada kemungkinan jika tubuh kekurangan cairan atau tanda-tanda dehidrasi. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengonsumsi air putih. Jika tubuhmu kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Manfaat air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan memengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

Dehidrasi juga memengaruhi sakit kepala. Menurut Europea Journal of Neurology, konsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga menolong kurangi rasa sakit pada kepala.

Demikian manfaat air putih yang bisa kamu rasakan. Banyak mengonsumsi air putih tidak akan memberikan dampak efek samping pada tubuhmu. Salah satu cara yang mudah dan murah untuk menjaga tubuh selalu sehat adalah dengan banyak minum air putih.


 

Sumber https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3914099/5-manfaat-air-putih-yang-utama-bagi-kesehatan-tubuh-penuhi-kebutuhanmu

  • Tag :

© PT Jasamarga Tollroad Operator.