08 Dec 2018

MILLENNIAL BRANDING DALAM ACARA MARKPLUS CONFERENCE 2018

MILLENNIAL BRANDING DALAM ACARA MARKPLUS CONFERENCE 2018

Jasamarga Tollroad Operator

Dalam seminar Markplus Politic Year “Battle for Growth” yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Jakarta pada hari kamis tanggal 6 Desember 2018 memberikan nuansa berbeda dalam memberikan edukasi terhadap pengenalan branding di era Millennial. Apa yang disebut dengan generasi Millennial sangat mengedepankan Teknologi yang membuat para generasi internet tersebut mengandalkan media sosial sebagai tempat mendapatkan informasi. Saat ini, media sosial telah menjadi platform pelaporan dan sumber berita utama bagi masyarakat. Tren tersebut sudah terbukti melalui beberapa peristiwa penting, seperti berita-berita yang beredar. Masyarakat benar-benar mengandalkan media sosial untuk mendapatkan informasi terkini dari sebuah peristiwa.

Seminar tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata Indonesia Bapak Arief Yahya dan Menteri Koperasi dan UKM Bapak Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Selain itu Hadir juga Direktur SDM dan Umum PT Jasa Marga (Persero) Tbk Bapak Alex Denni. Dalam pengetahuan yang bertajuk seminar itu di bagi menjadi 3 kelas yaitu Marketing, Millennial Branding dan Digital Selling. Karena Publik Relations merupakam citra corporate untuk itu Millennial branding sangat efektif untuk dipelajari lebih dalam. Di kelas Millenials Branding sebagai narasumber chief digital program dari salah satu bisnis online terbesar bahwa branding itu sangat penting bagi pencitraan kepada publik. Semua yang kita tampilkan, publikasikan dan kita sosialisasikan adalah merupakan cirikhas dari karakteristik perusahaan. Memberikan viral terhadap merk atau produk tertentu memang harus didasari dengan terus mengupdate dan memposting kegiatan-kegiatan ataupun penjualan penjualan baik itu bisnis ataupun corporate.

Branding didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol atau pun identitas untuk membedakan satu produk/jasa dengan produk/jasa yang lainnya. Maka dari itu, penting bagi entrepreneur/pemilik bisnis/startup founder untuk mempertimbangkan bagaimana branding untuk produk/jasa yang ingin dijual. Brand identity adalah elemen kasat mata dari sebuah brand yang menyampaikan karakter, komitmen dan nilai-nilai produk sebuah perusahaan agar dipahami oleh konsumen melalui aspek warna, simbol atau tipologi harus sangat kuat.

Oleh karena itu, hubungan brand identity sangat erat sekali dengan desain website dan logo yang baik. Fungsi dan Tujuan Branding Mengapa branding sangat penting ? Apa fungsi dan tujuannya. Fungsi Branding adalah untuk menanamkan image dan citra dari sebuah brand atau merk kepada masyarakat ataupun konsumennya. Apabila kita sebagai Publishing corporate bisa memberikan konsistensi terhadap citra perusahaan dia dunia internet masyarakat cenderung terbiasa dengan apa yang mereka lihat. Hal ini didasari dengan prinsip dan komitemen yang kuat sebagai publishing branding corporate ataupun dengan usaha lainnya konsistensi harus dipegang karena penggunaan dunia internet dan media sosial sudah di kuasai oleh anak-anak millennial.

Dalam seminar itu juga membahas beberapa strategi bagaimana Branding di jaman Millennial bisa cepat melakukan adaptasi. Mengapa demikian karena kecendrungan mereka menggunakan teknologi berbasis media sosial bisa terekspose sangat cepat yang pada akhirnya dapat meningkatkan citra dirinya dengan keunggulan dan keistimewaan/keunikan/perbedaan yang tidak dimiliki kebanyakan orang serta membuat orang lain mau menghargai dirinya.

Corporate branding bertujuan untuk mengembangkan reputasi sebuah perusahaan di pasar, meliputi semua aspek perusahaan tersebut mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan mereka terhadap public. Corporate Branding jaman sekarang sangat di kuasai oleh penguasa anak-anak muda di jaman teknologi internet. Kalau kita buka Facebook, Instagram, Youtube ataupun media sosial lainnya nilai jual yang di sajikan sangat menarik bahkan hampir semua humas ataupun publik relations perusahaan saat ini di kuasai oleh mereka mereka kaum millennial. Bukan karena hasil yang baik namun mereka yang millennial sangat update dan juga visioner untuk menjalankan program.

Untuk itu bagi kita yang saat melakukan tugas menjadi publishing branding corporate jalanilah tugas secara visioner. Berikan nilai jual yang murah tapi mempunyai services yang mahal. Carilah angan-angan dan metode termudah untuk publik mengikutinya. Sebagai pemegang citra korporasi kita tidak boleh takut dengan update yang sia-sia, update yang sedikit dikunjungi, update yang tidak bermanfaat atau apa lainnya. Mulai saat ini cobalah untuk melakukannya, mulai dari sekarang perbanyaklah postingan-postingan tentang corporate sesuai jalan bisnis usahanya. Saat ini yang mudalah yang juara, jangan takut pernah kalah carilah kreasi unik yang mungkin jauh orang lain memikirkannya. Seperti branding merk-merk yang menggunakan lagu ataupun hal lainnya. Yang harus kita lakukan sebagai public relations perusahaan mulai dari sekarang adalah Konsistensi, Visioner dan Fleksibel…-red-
  • Tag :
  • JMTO
  • Berita

© PT Jasamarga Tollroad Operator.