Peningkatan performa kinerja dipengaruhi oleh sistem kerja para petugas layanan transaksi dan manajemen yang memimpin dilapangan. Dalam upaya meningkatkan kinerja dan semagat bekerja para petugas layanan transaksi di Cluster Semarang. Kepala Gerbang Tol Gayamsari-Muktiharjo Zulkarnain Adiyasa memiliki jurus jitu tersendiri, yaitu dengan merekap hasil kinerja setiap petugas dengan kurun waktu 3 bulan (triwulan). Melalui rekap nantinya akan menghasilkan rangking bagi setiap petugas. Untuk petugas yang masuk 7 besar berhak mengikuti POT (Petugas Operasional Terbaik) di kantor Jasa Marga Cabang Semarang.
Menurut Zulkarnaen yang akrab disapa Pak Zul mengatakan “sistem ini saya terapkan supaya anak-anak berlomba secara sehat dalam berkerja. Hasilnya petugas dilapangan sudah minim kesalahan transaksi. Mereka juga terpacu dan saya lihat hasilnya terus berganti-ganti meksipun juga ada yang konstan tidak lepas dari 7 besar peringkat”.
Menurut petugas layanan transaksi Semarang Cahyo Gumilah berkata “ Saya sangat termotivasi dengan adanya rangking, jadi kita dapat menilai sejauh mana performa yang sudah kita tampilkan selama ini. Sebelumnya saya tidak tahu brapa jumlah notran cancel, lsb, alr Saya selama ini dan semua transparan hasil nilainya juga di cantumkan oleh Kepala Gerbang Tol”. (Mung Atmojo-Semarang)...bans